Kamis, 10 Januari 2013

Amalan tertinggi di sisi Allah ~



Ibnu atho'illah dalam kitabnya yang terkenal al-Hikam, menulis :
"Jangan menuntut upah terhadap amal perbuatan yang engkau sendiri tidak ikut berbuat. 
Cukup besar upah balasan Allah bagimu jikalau Allah Swt. menerima semua amal itu. "

sahabat, tausiyah ibnu Atho'illah diatas tampaknya penting sekali untuk direnungkan oleh siapa saja yang diberi kesanggupan oleh Allah untuk gemar berbuat kebaikan. Kalau belum berbuat kebaikan, maka kita sekuat tenaga ingin melakukannya. Akan tetapi, kalo kebaikan itu sudah kita perbuat, jangan sekali kali kita anggap semua itu adalah perbuatan kita.

ini lah gambaran beberapa tingkatan seseorang melakukan suatu amal :
1. berharap dapat balasan duniawi
misalnya memperbanyak dzikir untuk lulus ujian, atau pedagang rajin beribadah dan berinfaq agar usahanya maju. Tidak apa apa ini dilakukan, malah lebih baik di banding tidak sama sekali, sepanjang amalnya benar sesuai yang di contohkan oleh Rosullullah Saw. Insya Allah tidak sulit bagi Allah untuk menerima amalannya dan mengabulkan keinginannya. 

2. berharap pahala dari Allah
karena perkara duniawi niscaya diurus oleh Allah, karena perkara duniawi itu pasti diurus oleh Allah Swt. 
"Yang penting amalan saya jadi pahala, karena apa artinya keuntungan duniawi kalo tidak ada pahala ~" demikian orang orang yang berada di tingkatan ini berkata.

3.berharap masuk syurga Allah
lama kelamaan orang tersebut akan sampai pada tingkatan yang lebih tinggi lagi...
"Ah, pahala kan sudah janji Allah Swt. Tidak usah saya harap-harapkan juga pasti akan datang. Bagi saya yang penting bisa masuk surga saja dan terhindar dari neraka. Mau sedikit mau atau banyak pahala atas amalan yang telah saya lakukan, terserah Allah saja..."

4.menatap wajah Allah Swt dan diridhoin oleh Allah
"Apa yang bisa saya nikmati di syurga kalo toh ternyata kenikmatan terbesar dan paling hakiki adalah menatap wajah Allah Swt, Azza wa Jalla?"
setinggi tinggi nya amalan adalah kalau sudah tidak lagi memperhitaungkan balasan dari Allah Swt, kecuali menjadi orang yang selalu bisa dekat dengan-Nya

kalo udah sampai kepada tingkatan terakhir tersebut, maka yang lain lainnya itu sudah menjadi Jaminan Allah Swt. Tidak perlu di ragukan lagi....

Buku : Meraih Derajat Ihsan ~

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar