Sabtu, 29 Desember 2012

Manusia, kenalilah dirimu !



jika orang orang ditanyakan, pakah tokpik yang paling relevan untuk umat manusia saat ini? maka mereka akan memberikan jawaban yang bermacam macam. sebagian mereka akan menjawab menyebarnya senjata senjata nuklir, sebagian akan menjawab angka kelahiran yang terlalu tinggi di dunia, sementara yang lain akan menjawab topik yang paling penting adalah peningkatan kekayaan, kesejahteraan dan keadilan bagi semua orang.


pendapat pendapat yang beragam ini menunjukkan bahwa orang orang pada umunya tidak mengenali dengan tepat siapa diri mereka sebenarnya. Jika sebaliknya, maka mereka akan berpendapat bahwa hal yang paling berpengaruh bagi manusia adalah pengabaiannya terhadap karasteristiknya sendiri, dan penolakannya untuk menerima kenyataan bahwa suatu hari ia pasti akan mati, memutuskan segala yang kamu genggam dan merampas setiap yang kau cintai, dan yang lebih menakutkan lagi, akan dipanggil di hadapan Penciptanya untuk dimintain pertanggung jawaban. Betapa sebuah persoalan yang sangat genting sekali!

kecintaan pada dunia (hubb ad-dunya) dan takut kepada kematian (karahiyyah al-maut) yang berpotensi melahirkan kelemahan mental dan spiritual, maka berbahagialah orang yang menyadari akan keberadaan dirinya, dari mana dia berasal, apa yang harus dilakukannya saat ini, dan akan kemana akhir kehidupannya. Karena hanya dengan berbekal kesadaran inilah hidup manusia akan kembali lebih bermakna, hati menjadi bahagia dan tentram, keyakinan menjadi kokoh, dan kepuasan hidup akan tercapai ...


Buku : menemukan kebenaran islam (mahmudin)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar